Belajar Matematika Gratis dari @IstanaMatematik untuk semua

Mau cerita nih tentang kegiatan terakhir Istana Matematika yaitu mengajar gratis via whatsapp dan bareng-bareng sama guru lain. Mulai darimana ya ceritanya? Let it flow aja ya.

Seperti biasa menjelang UN (Ujian Nasional), Istana Matematika selalu berusaha membantu menjawab soal dari followers @IstanaMatematik via twitter. Semenjak berdiri tanggal 30 Juli 2010, Istana Matematika telah melewati UN sebanyak dua kali (2011 dan 2012). Sekarang di tahun ketiga ini Istana Matematika siap membantu UN 2013 melalui metode yang berbeda, yaitu belajar di group whatsapp.

Kalau dua tahun lalu Istana Matematika membantu siswa yang akan UN via twitter. Prosesnya, saya menjawab soal dengan meng-RT soal terlebih dahulu satu per satu dan menjawabnya satu per satu juga agar TL (Timeline) jadi enak dibaca dan berurutan, soal A dulu lalu jawaban A. Cara tersebut ada kekurangannya karena pada saat saya bilang “Ayuk belajar” mention yang masuk sangat banyak dan yang jawab cuma saya (Tahun 2011 pernah dibantu sahabat saya Joko Berlianto). Jadi membuang waktu sehingga banyak soal yang terlewat dikarenakan waktu yang sudah terlalu malam.

Nah di tahun 2013 ini, saya menemukan ide baru yaitu mengajarkan via whatsapp lebih awal. Dengan mengumpulkan guru-guru yang suka bantu di twitter @IstanaMatematik akhirnya group whatsapp kali ini benar-benar membantu siswa untuk UN matematika di bulan April 2013 nanti.

Konsepnya pun tetap sama, mengutamakan konsep yang selama ini hilang karena lebih mementingkan rumus sehingga matematika menjadi terlihat susah di pikiran siswa. Kita mengarahkan dan siwa yang mengerjakan. Sehingga siswa bisa mengerjakan sendiri.

Guru-gurunya pun bukan dari Jakarta aja tapi dari luar Jakarta, seperti dari Bogor (@akuiniobenk), Tangerang (@alqaindira), Bekasi (@ShodiqFathoni), Jakarta (saya dan @harizbp), Jogja (@kembangtemu dan @khollisdee) Surabaya (@ikabom), Makasar (@Rudolph_BL) dan bbrp guru lain (total 19 guru dan volunteer di group guru dan volunteer) yang belum saya sebut, terimakasih. Kalian luar biasa dan saya mendapatkan teman-teman baru yang Gokil.

Murid-muridnya pun banyak yang dari luar daerah, totalnya ada 70an siswa yang saat ini terdata (dan akan bertambah, ini baru dua hari!!). Mereka ada yang dari Medan, Padang, Palembang, Lampung, Banten, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi, Jakarta tentunya, Bandung, Cimahi, Tegal, Indramayu, Temanggung, Semarang, Jogja, Solo, Surabaya, Bali, Banjarmasin dan masih ada bbrp kota lain yang belum disebut. Itu yang saya ingat aja.

Mengajar murid-murid dari berbagai daerah berasa sedang berada di daerah mereka! Memang impian saya sejak mendirikan Istana Matematika adalah mengajar Matematika keliling Indonesia. Saya ingin sekali punya murid dari Ambon atau Jayapura seperti bbrp tahun yg lalu.

Karena ini sifatnya gratis, maka jadwal kelas dan guru masih belum fix, kita sesuaikan kapan para guru siap membantu dan memberitahu ke siswa tersebut. Hari pertama mulai belajar jam 14.00 sampai jam 23.00. Hari ke dua mulai belajar dari jam 20.00 sampai jam 23.00, diluar Itu siswa bisa diskusi sesama siswa biar makin akrab.

Untuk yang ingin belajar dan membagikan ilmunya, bisa whatsapp ke 085695597989.

Saya akan usahakan kegiatan ini bisa terus ada dan tentunya tidak lepas dari bantuan guru-guru gokil yang ikut membantu.

Kritik dan saran sangat membantu agar group ini bisa terus berjalan. Silahkan gunakan kolom komentar untuk berdiskusi.

Regards
@IsraNurhadi
Founder & Volunteer @IstanaMatematik

Berikut kehebohan di group yang saya printscreen.

  1. Sebelum proses belajar di semua group dimulai, saya mengarahkan siswa untuk tidak mudah percaya dengan teman yg baru dia kenal

    20130327-022801.jpg

  2. Siswa di Group XII IPA yang sedang berdiskusi setelah jam belajar usai

    20130327-022939.jpg

  3. Proses pergantian guru antara Kak @akuiniobenk dengan Kak @ikabom di Group XII IPA

    20130327-024716.jpg

  4. Kak @ShodiqFathoni sedang memberikan cara di Group XII SMK Teknik, Elektro dan Multimedia sehingga membuat siswa mengerti

    20130327-023203.jpg

  5. Ucapan terimakasih yang diterima Kak @Rudolph_BL Di Group XI IPS setelah jam belajar selesai jam 23.00

    20130327-023555.jpg

  6. Diskusi di Group Guru dan Volunteer, berguna banget jika ada soal dari siswa yg sulit dan di diskusikan di sini, tidak ada maksud menggurui di sini

    20130327-023756.jpg

Terhitung sejak 2014, kegiatan belajar gratis dari Istana Matematika dan Istana Mengajar sudah tidak ada lagi. Info lebih lanjut akan diberikan di link berikut (menyusul)

Advertisements
Tagged ,

49 thoughts on “Belajar Matematika Gratis dari @IstanaMatematik untuk semua

  1. raden dimas aryo says:

    Belajar seruuu. Tapi sayang kelas xi ips masih sepi. Tapi gurunya oke kok

  2. misdan wijaya says:

    seruuu bgt bisa kaya ditempat les sendiri kebetulan saya gk les :)) jadi ngerti soal2 yg menurut saya sulit & gurunya pun baik2

  3. widya says:

    wahhh… seruuuuuuu!!!! belajar dengan teman. udah itu temannya mau berbagi ilmu, ga sombong lagi. Gurunya juga memperhatikan kerjaan kita. bebas bertanya dan tanpa ada rasa malu untuk ngobrol dengan teman seruangan. Semangat !! πŸ™‚ πŸ™‚ πŸ˜€

  4. stefania says:

    mungkin ini lebih kaya testimoni kali ya, saya bukan pecinta matematika (biasa aja) dan saya pecinta tidur. tapi waktu gabung di grup saya tidur jam 1 karena belajar matematika.
    belajar grup gini asik banget deh, guru2nya asik, lebih fokus, kalo ga ngerti tanya aja sama temen yang ngerti hihihi pokoknya asik deh
    thank you kakak-kakak dan teman-teman hihihi

  5. Entah kenapa belajar di whatsapp lebih asik daripada secara tatap muka. Entah karena suasana baru gitu ya, yang jelas ga nyesel udah join (y)

  6. Ayub Maulana says:

    Seruu,Program yg bagus & membantu saya sekali,

    Terimakasihh all (y)

  7. elsa erika says:

    Istana matematika keren bgt. kita bisa share ttg soal matematika antar siswa seindonesia.. tmn2nya baik2. gurunya juga asik. apalagi admin nya om isra eh salah ka isra mksdnya hhe.. ❀ istana matematika

  8. rudolph says:

    salut buat istana matematik dan foundernya. Inovasi belajar dan mengajar matematika via whatsapp yang luar biasa

  9. akuiniobenk says:

    ini malam ke berapa ya Isra, kita buka kelas di whatsapp? tiap ganti kelas maka saat itu juga nemuin hal baru. karena ternyata tiap kelas punya ciri khasnya sendiri. seru sih. seneng liat antusiasme yang ikut.

    selain nemenin pelajar Indonesia belajar matematika, kita sesama pengajarnya juga sesungguhnya kembali sama2 belajar dengan bertukar ilmu. seru.

    ini salah satu contoh bagaimana teknologi, social media dan kemajuan zaman bs dimanfaatkan oleh kita orang dewasa dan adik2 pelajar yang masih remaja bagaimana memanfaatkan secara positif.

    bayangin deh 2 jam ngubek megang HP tapi para remaja gk diomelin mamahnya karena mamahnya tau anaknya lagi belajar matematika bersama @istanamatematika πŸ™‚

  10. raden dimas aryo says:

    Yesss seruuu. XI ips kompak. Kompak ramenya kompak nyepamnya. Wkwkkw seruuuu

  11. andriymardin says:

    @IstanaMatematika dan @isranurhani beserta Group belajar gratisnya, dahsyat sekali, mungkin agak lebay yah, tapi yang pasti itu yang saya rasa. Kalau pepatah zaman dulu bilang ” Cara belajar yang paling efektif itu adalah dengan mengajarkannya “, dan itu memang benar, #gak pake bohong, Hehee.
    Satu yang pasti, kalian semua sungguh luar biasa, semoga kalian tetap menjadi yang terdepan #bukan iklan yah :). Semoga kalian selalu berkah selamat dan sehat walafiat, supaya selalu berbagi pengetahuan. Bless اللّهِ always with us.
    Bon dodo et bon rève,

    (@bahasa_francais)

  12. andriymardin says:

    #revisi
    @IstanaMatematika dan @isranurhadi beserta Group belajar gratisnya, dahsyat sekali, mungkin agak lebay yah, tapi yang pasti itu yang saya rasa. Kalau pepatah zaman dulu bilang ” Cara belajar yang paling efektif itu adalah dengan mengajarkannya “, dan itu memang benar, #gak pake bohong, Hehee.
    Satu yang pasti, kalian semua sungguh luar biasa, semoga kalian tetap menjadi yang terdepan #bukan iklan yah :). Semoga kalian selalu berkah selamat dan sehat walafiat, supaya selalu berbagi pengetahuan. Bless اللّهِ always with us.
    Bon dodo et bon rève,

    (@bahasa_francais)

  13. Nelwan Deo says:

    menurut w belajar via whatsapp lbh enak. kalo gatau tinggal ditanya sama guru dan teman2 lain juga pada mau bntuin. πŸ˜€ sistem blajarnya jg bgus. gurunya ga langsung ngasih jwbn ke kita, tapi kita diarahkan gmn cra ngerjainnya. thanks ya istanamatematik :))

  14. asti says:

    Terima kasih @istanamatematik atas kelas matematika dan Perancisnya..salut sama programnya…semoga menjadi pelopor untuk program” semacam ini. Terima kasih sudah berbagi ilmu. secara gratis pula. semoga menjadi amal ibadah untuk kita semua, terutama untuk guru”nya. Harapan saya semoga gak cuma matematika dan bahasa Perancis juga. tapi dikembangkan untuk pelajaran” lain, seperti fisika, kimia, dll…sekali lagi terima kasih. sukses dan semangat terus ya.

  15. Putra Noval Irawan says:

    dengan adanya belajar di whatsapp yang diadain @istanamatematik, bikin aku optimis utk bisa ikutan, ya walau ada yang jutek anak2.a dan ada juga sampe sekarang jadi teman, bisa berbagi ilmu, yang tadi.a ngantuk jadi semangat buat belajar matematika
    ga enak belajar di whatsapp adalah, temen.a pada jutek, suka.a libur terus, ga tiap hari πŸ˜₯
    padahal un tinggal 14hari lagi
    i love matematika

  16. Siska Amanda Lucita Dewi says:

    Belajar disini seru banget lho. Gurunya juga enak2. Ngga cuman belajar matematika aja, disini juga bisa bertukar pendapat tentang apapun. Pokok T-O-P deh πŸ™‚

  17. Teytaismyname says:

    waah seru lah pokoknya! makasih buat kak Isra yg nemu metode semacam ini :p dan kak Rudolph jg yg udah ngajar di group XI Ipa. Seru deh bener, asli! Dan kalo pun lg ga ada jam belajar, kita bisa share2 soal dan nanti dibantu jwb sm temen2 yg lain. Makasih deh buat kalian semua. Salut!! XD

  18. hadijah rima says:

    Kereeennn… Asyiik belajarnya.. Seru cara ngajarnyaa.. Jadi tambah cinta matematikaa.. Makasih banyakk dan sukses terus Istana Matematika & Kak Isra :))

  19. elsa erika says:

    Wow asik bgt kmren bljr kimia sama kak anto bljrny terstruktur. Dan skrng admin tdk hnya mnyediakan kls mtk .ini sangat berguna!lanjutkan kls kimia ini..

  20. Irving Noor T says:

    Belajar perancis nya menyenangkan di @bahasa_franΓ§ais bener2 di ajarin dari awal tentang pronoun, verb, infinitif, dll. Dan metode belajar lewat whatsapp nya ini yang seru n baru pertama nih.. Sukses terus biat para admin mempintarkan bangsa…

  21. Rommel T says:

    Grup belajar ini sangat seru dan asyik,tapi waktunya terlalu cepat.Terimakasih

  22. Hanif Izzuddin says:

    Sorry baru komen kak, hehe

    Belajar di Istana Matematik seru banget, above my expectation. Aku bener-bener dapet banyak hal dari sana. Aku kagum liat antusiasme temen-temen dan kakak pembimbing dalam belajar dan mengajar, aku ga ngerasain bosen atau jenuh pas belajar di Istana matematik karena emang fun banget. Anak-anaknya juga seru

    this is my punchline: Dulu kalo lagi bosen belajar pasti buka HP, sekarang kalo buka HP malah jadi belajar πŸ˜€

  23. indra says:

    seru tapi kelasnya jgn malem2 dong

  24. widya says:

    wiihhhh… ada blajar kimia , matematika , ma fisika
    makin semangat nihhh

  25. woyla says:

    Kegiatan yang bagus, daripada hape penuh dengan chatting yang kurang bermutu, mending diisi dengan diskusi belajar mulai dari math, kimia, biologi sampai bahasa perancis.

  26. desee eyee says:

    berawal dari buka akun twitter pengen ngefollow yang ada hubungannya dengan mtk,,tiba2 ketemu aza langsung dgn @istanamatematik,,hm…langsung follow,,cuma ga prnah ikutan komen2 atw yg lain,,nyimak dr jauh aza,,
    begitu ada kelas whatsapp,,wuih..kali ini ga mw ketinggalan,,
    mgkin inilah saatnya bs berbagi ilmu n share2 yg mudah,,
    langsung aza ikutan gabung d group guru,,
    tmn2nya asik punya,,
    salut dah buat kak isra untuk ide nya ini
    nah @istanamengajar udah buka jg t,,
    sokk atuh d follow,,hehe

  27. bimaadjiprakoso says:

    Keren banget ini inovasi baru dalam belajar matematika!! Keren tingkatkan terus. Like banget buat cara mengajar pake WA πŸ˜€

  28. shofi nur ihsan says:

    Seruuu keren, dan mulia sekali para guru dan ownernya… Memanfaatkan media teknologi yg ada πŸ™‚
    para orang tua harus tau, agar saat mendekai ujian atau UN bukan mengekang anak dilarang megang hp, laptop, pakai internet dsb. Yang justru kadang menambah stress
    Semoga kebaikan kaka-kaka semua dibalas berlipat πŸ™‚

  29. ika92pratiwi says:

    Gak cuma ngajar aja tapi juga nambah temen dan pasti nambah ilmu, di sini semua belajar dan semua harus aktif entah guru entah murid
    Jujur ngajar d socmed lebih susah, guru gak tau wajah ngerti siswa tapi ini tantanganny selain dr soal2 mereka
    @IstanaMatematik keren rek….ayo gabung banyak ++ lho rek…:-D

  30. Nadia Khaerunisa says:

    4 JEMPOOOLLLL buat kak Isra yg udah ngadain kelas WA Istana Matematik! apalagi sekarang bukan cuma mat, jadi ngga usah bngung kalo ada sesuatu yg belum dipahamin. tinggal klik πŸ˜€
    thanks juga buat kaka kaka lain(saya ngga hapal semua) yg sudah membantu di semua mapel, u are all awesome πŸ™‚
    kelasnya asyik, bikin paham and seru! apalagi bisa dapet tmen baru πŸ™‚ yg belum join rugiiiii hahahaha

  31. Nandaa says:

    seru bangett dengan ada.Ny #WAistanaMatematika kami semua bisa beLajar bareng,tukar pendapat,pokok ny bisa berdiskusi untuk memecahkan soaL.dengan d’bimbing oLeh guru*Ny yg kecee kece hheee

  32. fitra says:

    Makasih atas semua peran aktif teman2 semua… Makasih kpda semua guru yg tak bosan2 mengajar kami

    Doakan kami untuk tgl 15-18 smga dibri kelancaran dalam mengerjakan soal2 UN

    #ganbatte guys

  33. Aldhanalia says:

    Seruuuuu~ gurunya asik baik lagi, semoga makin banyak pelajaran bhs asingnya :3

  34. nadapark02 says:

    LOVE LOVE LOVE. Soal prediksi fisika nya banyak yg keluar tadi~ Thanks a lotttt

  35. seru banget bisa menjadi bagian dari #KelasWAIstana, ngajar murid2 kece, pinter-pinteeerr semua.. πŸ™‚ semoga seterusnya bs memberikan yang terbaik. amin

  36. Elsa Erika says:

    Kurang keren apa coba Istana Mengajar ini membuat kita lebih pede buat bertanya, dapet penjelasan sejelas-jelasnya, dan dapet temen baru yg baik-baik.. Semoga Istana mengajar ini bisa berlanjut, biar jadi tabungan pahala bagi para pengajarnya, dan siapa tau udh kuliah nanti saya juga ikut ngajar hahahahaha aamiin πŸ˜€ boleh ga ka? #colekkaisra

  37. misdan wijaya says:

    gak rugi deh gabung kesini selain merubah pemikiran aku jadi aku semangat bljr dan jg teman2nya asik diajak diskusi pelajaran

  38. gazandic says:

    Salut buat kak isra yang punya ide ini, salut juga buat guru2nya mengajar disini yang tanpa pamrih mengajari kita, salut juga buat temen2 yg aktif disini, temen2 yang membantu mecahin kesulitan, dll. Dan grupnya seru, keren, gaknyesel deh masuk sini, yakin 100%..

  39. fitri says:

    beljarnya seru bangt td malam. banyak soal2 yg blm dimengerti jd ngerti gurunya jg sabar bngt ngajarin satu persatu. walaupun bljrnya smpe malem tp seru kok bersama kak haris yg unyu2 πŸ™‚

  40. riezqo says:

    sebuah metode belajar yang bagus sekali πŸ˜€
    belajar serius tapi santai.
    mantep lah metode ini.
    semoga bisa terus lanjut untuk angkatan2 selanjutnya.

  41. sagita dwishinta maharani says:

    Aku pengen belajar geografi + sosiologi buat besok. Mohon bantuannya 😦

  42. Geddy Lee says:

    Pertamakali tau @IstanaMatematik dari @The_Bassistman 2 tahun kemaren.. Iseng2 folo deh

    Selama 2 tahun nongol di timeline gue, ga pernah gue tanggepin :p, cuman sekedar pelengkap timeline…

    Tiba2 IstanaMatematik ngebuka kelas online lewat watsap gini, gue pikir ini kesempatan.. Iseng ikut deh kelas matematik sm biologi.

    Emang gue ga excited2 amat kek siswa2 yg laen.. Secara motivasi gw ikut gini cuman bagusin nilai UN.. Gw ga ngincer PTN

    Diteranginnya pas, ngerti, walopun gw tunggu respon dr gurunya agak lama hehe

    Di tengah kacrut marutnya pendidikan endonesa ini.. Semoga IstanaMatematik bisa lebih maju, efeknya lebih luas, dan para volunteer2nya diberi rezeki yang berkah, amin.

  43. ryan teguh w says:

    awalnya ikutan ni di ajak temen …
    ehhh taunya seru dan bermanfaat ……

    semoga aja buat sbmptn semakin seru

  44. indra says:

    terimakasih kak isra .. pembelajarannya asik dan seru.. bikin paham dan tambah pengalamanan teken2nya juga asik semoga sukses kedepannya

  45. Sania Maliny says:

    Smua yang diberikan di Istana Mengajar benar2 sangat membantu (y) baik di twitter maupun di Whatsapp.

  46. anisa says:

    klo daftar jdi guru,bleh ga om??

  47. […] Masih inget kelas whatsapp dari Istana Mengajar? Kalau yang belum tahu keseruannya bisa baca komennya di Keseruan Belajar Via Whatsapp […]

  48. Dinda putri says:

    1) Tentukan barisan pertama dan suku ke 10 dari barisan
    A.-3,9,-27
    B. 1/2 , 1/3, 2/9

    Penyelesainya gimana ya kak?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: