Menganalisa dan Menghitung

20130703-231622.jpg

20130703-231633.jpg

Menurut saya dua kalimat tadi harus jadi landasan utama guru (mengajar) atau siswa (belajar) agar mencintai matematika. Saat ini matematika lebih dikenal dengan pelajaran berhitung dan masukan rumus saja tanpa menganalisa terlebih dahulu soal yang diberikan, ini membosankan dan membuat siswa jauh dari kata suka matematika. Menghitung memang sangat penting dalam mengerjakan soal, karena menghitung adalah proses akhir setelah menganalisa untuk mencari jawaban dari soal yang ditanyakan, dua kata yang saling berkaitan tentunya, menganalisa dan menghitung. Tetapi di dalam matematika tidak harus selalu menghitung, perhatikan contoh sederhana (menganalisa) berikut ini:

  1. Ajak siswa diskusi, sehingga mereka bisa berimajinasi

    20130704-000947.jpg

  2. Kemudian berikan penjelasan

    20130704-003311.jpg

  3. Sertakan alasannya (disarankan menggunakan gambar)

    20130704-003541.jpg

  4. Kembali ajak siswa berdiskusi

    20130704-010752.jpg

  5. Kemudian berikan penjelasan

    20130704-010830.jpg

  6. Alasan dari penjelasan tersebut (garis yang terbentuk dari dua titik)

    20130704-011154.jpg

  7. Kasih penjelasan yang lebih luas

    20130704-011526.jpg

  8. Beri contoh menggunakan gambar dari alasan tersebut

    20130704-012209.jpg

  9. Ajak siswa menganalisa lebih jauh lagi

    20130704-012417.jpg

Dari penjelasan (menganalisa) sederhana tadi, terlihat bahwa matematika tidak selalu menghitung, kita (guru) bisa mengajak siswa berdiskusi untuk melatih mereka berimajinasi dari hal sederhana (dasar) sebelum siswa mempelajari sebuah titik dan garis secara luas serta hubungannya (mencari persamaan garis). Saat siswa sudah bisa menganalisa mereka akan bisa menghitung dengan benar (karena tahu apa yang ditanyakan), jika siswa lemah dalam menganalisa mereka hanya mengikuti contoh soal yang ada tanpa mengerti maksud dari soal tersebut.

Karena dengan menganalisa akan membuat siswa lebih aktif dalam proses belajar. Karena dengan menganalisa siswa akan terus bertanya tanya dan selalu tidak puas. Karena dengan menganalisa siswa akan menemukan cara lain untuk memperoleh jawaban.

Mengerjakan soal sesusah apapun hampir semua guru bisa tapi membuat siswa bisa mengerjakan sendiri soal tersebut tidak semua guru bisa, transfer ilmu menganalisa sangat dibutuhkan disini

Yang penting bukan seberapa cepat kita bisa mengerjakan soal tapi seberapa paham analisa kita terhadap soal yang kita kerjakan

Advertisements
Tagged , , , ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: