Kenapa nggak kolaborasi dan bantu bareng-bareng?

MC: Dan kelima finalis Klik Hati Merck 2013 adalah

20130829-010554.jpg

Yak, Istana Mengajar disebut pertama kali. Setelah itu saya hening selama dua atau tiga menit, nggak percaya karena nggak yakin menang, diundang ke acara pengumuman pemenang hanya ingin bertemu teman-teman hebat lainnya yang aksi sosialnya gokil-gokil serta para juri-juri yang keren-keren aksi sosialnya, saya ingin belajar dari mereka dan nggak berharap menang, saksi hidupnya yang menemani saya ke acara tersebut, saya bilang kita datang untuk ketemu teman-teman hebat lainnya, nambah teman seru nih, nggak yakin menang juga soalnya hehe.

Sampai akhirnya saya disuruh maju sama panitia untuk menerima penghargaan karena hanya saya yang masih terdiam hehe. Begitulah kira-kira keadaan di PAD Bistro no 28 pada tanggal 22 Agustus 2013, Senopati. Setelah itu saya sudah biasa aja meskipun masih gemetaran. Acara berjalan normal, foto-foto lalu ditanya-tanya. Acara klik hati merck 2013 ini terdiri dari lima kategori dengan lima pemenang, salah satunya pendidikan.

Alhamdulillah Istana Mengajar dipercaya untuk memenangkan penghargaan dari Klik Hati Merck 2013 kategori pendidikan.

20130829-011717.jpg

Penghargaan ini ditujukan untuk para volunteer Istana Mengajar, yang membantu mempromosikan twitter Istana Mengajar dan calon volunteer yang ingin bergabung membantu Istana Mengajar menjadi lebih baik lagi.

Foto setelah menang sama satu salah finalis, Lagu Anak Indonesia

20130829-013226.jpg

Uiya, waktu ditanya-tanya. Ada satu celetukan yang saya inget banget

Whatsapp buat belajar? Lucu yah” Dulu pas bikin Istana Matematika tahun 2010 ada yang ngeletuk juga, “Twitter buat belajar?” Well, makin kesini memang semakin banyak akun twitter pendidikan dan banyak guru-guru hebat diluar sana yang suka membantu. Ini seru, kenapa nggak kolaborasi dan bantu bareng-bareng? Indonesia bisa jadi negara karena bersatu!

Alasan inilah yang menyebabkan lahirnya Istana Mengajar pada bulan Maret 2013, tepatnya minggu ketiga di bulan Maret. Tujuan utamanya adalah mempersatukan guru-guru dari seluruh Indonesia untuk membantu siswa/i se-Indonesia melalui twitter, blog dan video e-learning! Program pertama yang Istana Mengajar lakukan adalah mengajar via whatsapp kita menyebutnya #KelasWAIstana (sampai tulisan ini ditulis, kelas whatsapp masih belum berjalan, InsyaAllah minggu pertama atau kedua September 2013 Kelas Whatsapp akan segera dibuka kembali). Lalu mengajari volunteer untuk ngeblog di Istana Mengajar, ya daripada ilmunya dipendam aja mending di share kan biar banyak yang tahu dan bermanfaat buat siapa saja. Nah, kalau udah membiasakan diri dengan ngeblog boleh coba bikin video e-learning, biasa kita menggunakan youtube sebagai medianya. Seru lho, banyak guru dan volunteer yang tadinya nggak bisa nge-blog jadi bisa dan yang tadinya nggak bisa bikin video e-learning jadi bisa. So, guru dan volunteer pun nggak hanya mengajar tapi juga belajar hal baru.

ya daripada ilmunya dipendam aja mending di share kan biar banyak yang tahu dan bermanfaat buat siapa saja

Kegiatan Istana Mengajar memang hanya online, alasan utamanya adalah siswa/i atau guru saat ini hobinya online (twitteran dan whatsapp dan gurunya pun tidak hanya dari satu daerah tapi dari berbagai daerah bahkan ada yang tinggal di luar negeri) dan kita bisa mengajar siswa/i yang jauh-jauh karena kegiatan online ini karena kalau kita ketemu offline agak susah waktu di gurunya dan sedikit juga yang bisa belajar. Mungkin kalau kegiatan ini sudah menyebar ke beberapa daerah dan setiap daerah punya basis yang kuat dari segi guru dan volunteer, Istana Mengajar bisa offline.

Sekali lagi, terimakasih kepada PT Merck TBK atas penghargaannya, Mba Niken, Mba Tera dan Team Klik Hati serta Mentor kita dibidang pendidikan, Ibu Ainum Chomsun (Founder Akademi Berbagi) serta para Juri Ibu Alissa Wahid dan Mas Shafiq Pontoh. Penghargaan ini ditujukan untuk para volunteer Istana Mengajar, yang membantu mempromosikan twitter Istana Mengajar dan calon volunteer yang ingin bergabung membantu Istana Mengajar menjadi lebih baik lagi.

Ini foto saat dinner bersama lima finalis klik hati merck dan juri 🙂

20130829-012827.jpg

Karena tanpa volunteer Istana Mengajar bukan apa-apa. Merekalah Pahlawan tanpa tanda jasa sesungguhnya yang rela meluangkan waktunya untuk membantu Pendidikan Indonesia.

Ingat, bersatu bisa membuat kita lebih kuat! Mari berkolaborasi!!

kenapa nggak kolaborasi dan bantu bareng-bareng? Indonesia bisa jadi negara karena bersatu!

Jika kalian mempunyai ide-ide untuk memajukan pendidikan Indonesia bisa tulis dikolom komentar. Terimakasih.

Baca juga Apakah berbuat baik itu harus menunggu?

Sedikit Cerita dari Guru dan Volunteer Istana Mengajar

  1. Kado Paling Keren Sepanjang Masa
  2. Ngulik Pinter di Istana Mengajar
  3. Serunya Berbagi dan Mendapat Ilmu di Istana Mengajar
  4. Serunya Mengajar di Istana Mengajar
  5. Engkaulah Yang Menyatukanku Kembali Dengan Matematika
  6. Komunitas Sosial Yang So Special

Tentang Istana Mengajar dan Istana Matematika

  1. Website Istana Mengajar
  2. Website Istana Matematika
  3. Twitter Istana Mengajar
  4. Twitter Istana Matematika
  5. Youtube Istana Mengajar
  6. Youtube Istana Matematika
Advertisements
Tagged ,

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: