Orang-orang yang menginspirasi saya untuk membuat Istana Mengajar tetap ada!

Akhirnya nulis lagi di blog! 🙂

Kali ini mau coba jawab pertanyaan yang sering banget ditanya di twitter dan sudah pernah di jawab di twitter juga, tapi kali ini mau coba jawab di blog biar kalau ada pertanyaan serupa bisa kasih tulisan ini.

Pertanyaan ini dari Aldifitria Arfiani (@@aldi_fian)

20131226-010523.jpg

Sebelumnya mau bilang terima kasih kalau IMe (singkatan Istana Mengajar) dibilang keren, memang harapannya begitu, menjadi keren hehe.. Karena berisi guru-guru dan murid-murid keren yang tersebar dari beberapa daerah di Indonesia.

Karena berisi guru-guru dan murid-murid keren yang tersebar dari berbagai daerah di Indonesia

Inspirasi dari mana?

  1. Udah tahu Indonesia Mengajar dong? Ya itu sebuah gerakan mengajar yang keren saat ini, gurunya adalah guru pilihan dengan lulusan terbaik di kampusnya bahkan ada yang telah mempunyai jabatan bagus dikerjaannya tapi mereka RELA mengabdi satu tahun di pedalaman. HEBAT, pendirinyapun tak kalah hebat. Bapak Anies Baswedan. Semoga suatu saat saya bisa berjabat tanggan dengan Bapak Anies Baswedan dan belajar langsung dari beliau. Amin. Lebih lengkapnya tentang Indonesia Mengajar bisa tonton video ini

    Klik tautan ini jika video di atas tidak muncul

  2. Semoga suatu saat saya bisa berjabat tanggan dengan Bapak Anies Baswedan dan belajar langsung dari beliau. Amin

    Saya tahu Indonesia Mengajar setelah bermain twitter sekitar akhir tahun 2009 dan sangat ingin ikut serta menjadi bagian dari mereka karena saya ingin sekali mengajar di pedalaman dengan alasan banyak siswa-siswi yang semangat belajarnya tinggi tapi tidak diimbangi kuantitas gurunya. Tapi sayang, keinginan saya tidak mendapat restu dari orangtua disamping saya bukan lulusan terbaik di kampus saya dan batas umur yang sudah lewat.
    Lalu saya memutar otak bagaimana biar saya tetap bisa membantu siswa-siswi dari luar Jakarta? Akhirnya lahirlah Istana Matematika (@IstanaMatematik) pada tanggal 30 Juli 2010 dan ternyata mendapat respon positif. Isi twitternya pada saat itu memberikan teori dan mencoba membantu menjawab setiap pertanyaan yang masuk sebisa saya. Saat ini semua dialihkan ke Istana Mengajar (@IstanaMengajar) dan akun twitter bagiannya. Kita para guru, volunteer dan murid belajar melalui WhatsApp yang kita namakan #WhatsAppDay atau Kelas WhatsApp. Saat ini Istana Matematika hanya fokus ngeblog dan bikin video matematika.

  3. Bosen lihat Mahasiswa yang demo meminta pendidikan GRATIS. Kenapa gak mulai dari diri mereka sendiri aja? Oke, mungkin gak semua ya tapi lebih banyak yang kerjaan mengkritik aja. Memang lebih mudah mengeluh daripada melakukan tindakan langsung. Kalau kata Pandji Pragiwaksono (itu lho yang host kena deh masa gak tahu? Wah sekarang dia lebih dikenal sebagai Stand Up Comedian yah hehe) Berani Mengubah. Main-mainlah ke blognya banyak tulisan yang bergizi dan meningkatkan Nasional.Is.Me kita.
  4. Kenapa gak mulai dari diri mereka sendiri aja? Memang lebih mudah mengeluh daripada melakukan tindakan langsung

    Ya, selain Bapak Anies Baswedan, Mas-mas Stand Up Comedian itu sangat memberikan saya Inspirasi dan bertahan melakukan kegiatan ini, tempat saya curhat kalau mentok ide juga hehe. Bukannya gak bisa tapi gak mau. Bukannya gak bisa tapi males mencoba.

    Bukannya gak bisa tapi gak mau. Bukannya gak bisa tapi males mencoba.

  5. Ini lebih ke Passion kayaknya bukan Inspirasi tapi bisa dibilang Inspirasi juga sih hehe. Siapakah orang yang membuka pikiran saya tentang Passion? Namanya Rene Suhardono (@ReneCC). Mas Rene ini yang mengajarkan arti Passion di twitter dan di buku “Your Job Is Not Your Career”. Wajib di follow twitternya dan beli bukunya.
  6. Mas Rene ini yang mengajarkan arti Passion di twitter dan di buku “Your Job Is Not Your Career

  7. Rudolph Lestrange (@Rudolph___). Siapakah dia? Dia adalah seseorang yang suka menjawab setiap mention yang masuk di twitter Istana Matematika yang tidak sempat saya jawab. Gila, mungkin kata-kata itu yang pertama keluar dari mulut saya. Kok ada ya orang seperti itu? Membantu orang yang tidak bertanya kepadanya bahkan orang yang kerjaannya memang sebagai guru pun tidak ada yang seperti dia. Sedih. Gak percaya? Cek aja twitternya yang penuh dengan angka hehe. Jangan lupa di follow ya setelah ngecek.

    Nah pada bertanyakan? Memang dia bukan guru? Rudolph itu bukan guru! Dia seorang koki yang tinggal di Makasar! Ini yang membuat saya semakin mengagumi dia. Sangat-sangat menginspirasi saya untuk membuat lebih dan lebih lagi. Saat ini dia salah satu volunteer di Istana Mengajar yang sangat aktif dan rajin. Bisa dibilang saat ini dia memenuhi tulisan di blog Istana Mengajar sejak Istana Mengajar berdiri. Tulisannya bisa dilihat di sini

  8. Rudolph itu bukan guru! Dia seorang koki yang tinggal di Makasar! Ini yang membuat saya semakin mengagumi dia

    Pernah gak ngebayangin sebuah dapur yang isinya buku matematika dan laptop? Ya, itu yang dia lakukan saat tidak ada job pesanan masak di tempat kerjanya, dia ngeblog!. Sudah habis kayaknya kata-kata yang bisa saya ungkapkan untuk mendeskripsikan siapa Rudolph itu *speechless nulis ini*. Terimakasih twitter yang telah mempertemukan saya dengan orang yang sangat menginspirasi saya saat ini meskipun belum pernah bertemu langsung.

    Walaupun dia suka bertanya soal sulit ke saya atau di group guru matematika dan meskipun ada beberapa soal yang tidak menemukan jawabannya tapi sebenarnya saya lah yang belajar banyak sama orang hebat ini yang awalnya hanya ingin menjadi murid bukan guru di Istana Mengajar.

Jika diibaratkan permasalahan di dunia pendidikan ini adalah sebuah kue, mungkin Istana Mengajar mencoba menjadi bagian dari kue-kue kecil untuk membantunya dan Indonesia Mengajar serta kegiatan-kegiatan sosial pendidikan lainnya itu merupakan bagian lainnya. Kita semua mempunyai impian yang sama. Ingin membuat generasi muda yang 10 atau 20 tahun menjadi seseorang yang kenyang pendidikan karena merekalah calon pengganti pemimpin yang ada saat ini.

Jika diibaratkan permasalahan di dunia pendidikan ini adalah sebuah kue, mungkin Istana Mengajar mencoba menjadi bagian dari kue-kue kecil untuk membantunya

Uiya, nama Istana Mengajar bukan mengikuti Indonesia Mengajar ya. Nama Istana diambil dari Istana Matematika dan karena Istana Mengajar isinya banyak bidang studi jadi saya ambil Mengajar sebagai kalimat selanjutnya karena saya ingin semua bisa mengajar bukan hanya guru ke siswa tapi siswa kelas XII bisa mengajar adik kelasnya. Kita semua ini adalah guru yang saling belajar satu sama lain untuk mengajar. Efek dari membuat Istana Mengajar saya bisa kenalan dengan orang baru, karena bagi saya setiap orang itu adalah guru, mereka mempunyai sesuatu ilmu yang tidak saya punya untuk saya pelajari.

Efek dari membuat Istana Mengajar saya bisa kenalan dengan orang baru, karena bagi saya setiap orang itu adalah guru, mereka mempunyai sesuatu ilmu yang tidak saya punya untuk saya pelajari.

Okey, cukup sekian. Terima kasih untuk yang telah membaca tulisan ini.

Bagi yang mau tahu sejarah lengkap Istana Mengajar dan respon siswa-siswi yang belajar melalui WhatsApp bisa membacanya di sini

Baca juga Apakah berbuat baik itu harus menunggu?

Sedikit Cerita dari Guru dan Volunteer Istana Mengajar

  1. Kado Paling Keren Sepanjang Masa
  2. Ngulik Pinter di Istana Mengajar
  3. Serunya Berbagi dan Mendapat Ilmu di Istana Mengajar
  4. Serunya Mengajar di Istana Mengajar
  5. Engkaulah Yang Menyatukanku Kembali Dengan Matematika
  6. Komunitas Sosial Yang So Special
Advertisements
Tagged , ,

2 thoughts on “Orang-orang yang menginspirasi saya untuk membuat Istana Mengajar tetap ada!

  1. rudolph30 says:

    Kebalik kak. Bukan saya yang menjadi inspirasinya kak. Tapi justru saya yg terinspirasi, sehingga saya melakukan ini semua.

  2. Dwi Tika Wulandari says:

    SubhanAllah..
    Pelajaran yang luar biasa.
    Menginspirasi banget.
    Niat baik harus dipertahankan!
    Semangat kakakku!
    Semoga Istana Mengajar, jaya!
    Aamiin yaAllah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: